Kenapa Tembakau Linting Di Cangklong Dalam Riview GegeDbako ?

GegeDbako - Kenapa Tembakau Linting Di Cangklong Dalam Riview GegeDbako ?. Banyak sekali subscriber, teman facebook, grup dan instagram serta twitter menanyakan :


  • Kang kok tembakau linting di cangklong
  • Kang harusnya tembakau linting itu di linting bukan dicangklong
  • Kalau bikin konten yang mencerdaskan, jangan menyesatkan, tembakau linting ko di cangklong.
  • Baru belajar nyangklong yah, tembakau linting ko dicangklong



Dan masih banyak lagi lainnya. Mungkin bagi temen-temen yang udah mengikuti style, cara, gaya dan teknik Gegedbako ini orang ngajak ribut yang hehehe, jangan ribut gara gara bako ah, isin heheh.

Ngak mereka semua benar kok, karena pada umumnya tembakau linting memang buat dilinting, tembakau cangklong yah dicangklong. Itulah stigma semua cangklongers dan lintengers sedunia, dan mulai goyah ketika ada youtuber seperti GegeBako yang ngeriview tembakau linting dicangklong

Sehingga sejak video - video GegeDbako muncul dengan ngeriview tembakau linting di cangklong, mulai muncul pertanyaan di atas.

Semua yang bertanya dan komplen seperti di atas, semuanya adalah benar, karena selama ini baru GegeDbako yang berani meriview tembakau linting dengan cangklong secara umum, walau dimasyarakat pedesaan hal ini sudah banyak dilakukan, terutama oleh leluhur di Indonesia, kecuali yang sudah mengenal dunia luar.



Diluar yang bertanya dan komplen ternyata akhirnya wabah Gegedbako mulai dicoba para cangklongers lainnya yang mencoba tembakau linting di cangklong, bahkan banyak akhirnya pada kreatif melakukan mixing atau bleding berbagai tembakau linting disatukan di mix kemudian di cangklong, atau melakukan bleding dan mix tembakau linting dengan cangklong, untuk mendapatkan explore rasa seperti yang dilakukan GegeDbako.

Bahkan sekarang sudah ada tembakau linting yang di bumbui atau dikasih taburan potongan tembakau cangklong dan dijual resmi dengan pita bea cukai, vidio riviewnya ada dichanel youtube GegeDbako. Jadi satu sisi gaya GegeDbako nyeleneh dan ngak umum, satu sisi manfaatnya, muncul blender blender Indonesia yang memadukan jenis bako dan sebagainya untuk dikonsumsi lintingers dan cangklonger Indonesia.



Semua pertanyaan diatas wajib dimaklumi, karena memang GegeDbako jarang menjelaskan atau memberikan jawaban mengenai hal itu. Walau GegeDbako selalu membaca semua pertanyaan dan komplen seperti di atas.

Berikut adalah alasan GegeDbako Riview tembakau linting dengan Cangklong :

1. Kebiasaan sehari-hari. 
Kebiasaan sehari-hari Gegedbako saat ini adalah nyangklong, jarang ngerokok dan ngelinting, jadi karena kebiasaan, maka untuk mendapatkan hasil riview yang sesuai selera dan mulut GegeDbako yang kudu pake cangklong, mau bako apapun itu, malahan kalau lagi sreg sama 1 cangklong, 1 cangklong itulah yang dipakai buat menjelajah rasa bako yang diriview atau di tes. Hal ini di maksudkan adanya standarisasi riview dengan kebiasaan yang dilakukan GegeDbako, dan tembakau yang diriview enak kata GegeDbako. Yah walau dibilang nyeleneh atau diluar kebiasaan orang yang nyangklong dan ngelinting yang disitulah kuncinya hasil Riview GegeDbako selalu manjadi acuan para penikmat tembakau, Nusantara bahkan sekarang Asean dan Mancanegara mulai menonton.

"logikanya, apakah jika teman-teman biasa ngerokok filter lalu kasih kretek itu mulut, paru bisa langsung menerima?, apakah biasa pakai cangklong briar terus tiba-tiba pakai cangklong /padud corn cob akan sama tekniknya?, apakah kalau ngelinting bako dengan papir lokal, akan sama teknik dan rasanya dengan papir premium, pasti semua punya cara, trik dan gaya masing-masing, itulah alasan saya ngeriview bako linting pake cangklong karena 70 persen harian saya menikmati tembakau pakai cangklong, ngak mudah adventure rasa ratusan rokok, kretek, tembakau, papir,cerutu, dan cangklong dalam 1 mulut, butuh kealamian dan kenaturalan agar hasilnya dapat maksimal, kalau lagi cinta sama 1 cangklong yah itu aja yang dipake selama beberapa riview, walau kalau habis riview harus langsung dibersihkan agar rasa tembakau riview sebelumnya tidak tertinggal dan mempengaruhin review selanjutnya" Jelas GegeDbako.

2. Banyak masyarakat yang belum menggunakan cangklong dan awam terhadap cangklong / padud / pipe tobaco.
Jangan sama ratakan pengetahuan kelas menengah sedang hingga kelas menengah atas yang sudah sangat tahu apa itu pipe tobacco, tembakau khusus pipa bahkan korek khusus pipa. Tidak semua tahu dan mampu, apalagi ngak pernah dan tahu perkumpulan pipa tembakau.
Masyarakat umum yang kesehariannya hanya ngelinting atau merokok rokok dan kretek konvesional akan gelagapan jika ujug ujug diajarkan cara cangklong yang dikenal oleh kalangan atas atau terbatas yang mungkin menurut mereka adalah benar, sehingga diturunkan terus menerus sampai sekarang.
Gegedbako melihat hal ini adalah sebuah masalah, jika dibiarkan maka orang hanya mengenal pipa tembakau buat linting saja, hanya mengenal cangklong kayu biasa, hanya mengenal tembakau linting.
Gegedbako melihat bahwa dengan cangklong orang lebih nikmat menikmati tembakau dan lebih aman ke paru-paru. 

3.Tembakau Cangklong Yang Mahal
Kendala lainnya bagi yang ingin nyangklong khususnya cangklongers pemula adalah tembakau cangklong sangat mahal, dan tembakau cangklong buatan lokal sangat jarang, banyaknya import dan harganya bisa 3-10 kali lipat tembakau lintingan, kalau ini ngak diakali dan dicarikan mix/blending tembakau linting agar bisa dicangklong maka, yang jadi cangklongers orangnya yah itu-itu aja. Karen tidak setiap orang bisa nyangklong dengan tembakau cangklong.

Latar belakang inilah yang membuat GegeDbako, mencobaa meriview berbagai tembakau linting dengan dua metode pada setiap judul tembakau linting yang diriview, Vidio Part 1 biasanya tembakau di riview dengan menggunakan cangklong dan Part Ke 2 biasanya dengan menggunakan Lintingan, hal ini dilakukan agar  :

a. tahu dasar rasa standart tembakau dengan alat yang biasa digunakan GegeDbako dalam menikmati tmebakau (cangklong)
b. agar tahu perbedaan tembakau linting jika dilinting dan dicangklong, karena linting dan cagklong beda teknik.
c pada Part kedua agar lebih tahu enak tidaknya ini bako dengan cara umumnya, tembakau linting akan dicoba dengan berbagai papir, biasanya papir lokal dan papir premium atau impor, karena akan beda juga rasanya dengan kombinasi demikian.

3. Tidak ada Efek yang Signifikan bagi tubuh bila menggunakan tembakau linting di cangklong.
Hingga saat ini semua efek tembakau sama saja kepada tubuh manusia, mau tembakau linting, cangklong atau cerutu bahkan kretek dan rokok semua memiliki efek yang sama terhadap tubuh.Sehingga apapun jenis tembakaunya sama efeknya.

4. Hanya beda teknik potongan.
Menurut GegeDbako, sebenarnya tembakau cangklong dan tembakau linting perbedaannya dasarnya hanya di potongan saja. Tembakau linting lebih sering di potongan shag atau sering dikenal dengan tembakau iris dengan struktur mirip rambut, jika tembakau cangklong sama juga di iris dan dirajang, namun ukurannya lebih besar diantaranya mirip potongan pita dan sebagainya. Sehingga jika memang ada tembakau linting yang enak dicangklong terus ingin di cangklong, tinggal lakukan aja perubahan teknik memasukan tembakaunya kedalam bowl cangklong, dan mixing atau bleding dengan tembakau uang aromatik atau agak basah.

5. Tembakau Cangklong bisa dilinting.
Jangan hanya tembakau linting saja bisa dicangklong, tembakau yang dipotong untuk cangklong bisa juga di gunakan untuk linting, contohnya dalah tembakau srintil, jika lihat potongannya lebih kepada potongan untuk cangklong, dan jika ingin digunakan sebagai bumbu lintingan maka harus dicacah dahulu atau menggunkan mesin grinder yang notabene, negara luar pun telah menggunakan grinder untuk mencacah tmebakau yang ukuran besar agar bisa di linting. Kalau kita di sini umumnya pakai alat tradisioal multifungsi yaitu gunting.

6. Simpel
Masyarakat jaman sekarang ngak mau yang ribet-ribet, bila ada yang ribet pasti bakal dibuat simpel gimana pun caranya, termasuk adanya aturan tidak tertulis dan tidak ada hukumannya jika nyangklong dengan menggunakan tembakau linting. Di seluruh dunia perbakoan dalam negeri maupun mancaneraga, tidak ada orang menggunakan tembakau linting untuk nyangklong di penjara atau di pidana. Karena itu adalah hak dan kebebasan individu yang ternyata lebih dijamin Undang-Undang jika kita mencemooh atau mengganggunya.

Terkadang GegeDbako bercanda "ini bakoku, ini asapku, terserah aku, urus saja asapmu sendiri, hehehe..."

Menurut Gegedbako jika semua selalu mengikuti zona aman, maka perbakoan di Indonesia yah seperti dulu saja, stak di jalan dan ngak berkembang, hanya rokok dan kretek konvensional saja yang bisa berjalan, sedangkan produsen tembakau linting dan cangklong ngak berani meningkatkan produksi bahkan expansi besar-bsaran karena penikmat linting terbatas apalagi cangklong yang orangnya itu-itu aja dan jarang masyrakat mengkonsumsinya.

7. Efek Positif Pada Perkeonomian Cangklong dan Perbakoan
Dengan Riview ngeyal GegeDbako yang mencoba menolong masyarakat agar mudah beralih ke cangklong, kini cangklong mulai booming di Indonesia, hampir semua produsen cangklong menyakakan demikian ke GegeDbako, beberapa produsen cangklong kenamaan Mancanegara mengucapakan terima kasih karena penjualannya meningkat di Indonesia dan Asean sejak ada Riview Tembakau dengan Cangklong. Belum lagi produsen home industri  padud/cangklong/pipa tembakau yang mulai dilirik penonton Vidio Gegedbako untuk dipesan dan minta dibuatkan cangklong, bahkan ada yang minta dibuatkan sama persis seperti yang ada d Video GegeDbako.

Hal ini menunjukan bahwa edukasi dengan penalaran yang simpel lebuh mudah diterima dan dipahami masyarakat ketimbang melakukan dengan aturan main umumnya yang menurut GegeDbako terlalu kaku dan ngejelimet, "Wong Cuman ngebako ko ribet".
Alhasil semua harga cangklong di toko online dan seller Di Indonesia naik, karena stok abis di beli viewer GegeDbako. Berbagai grup WA, Facabook, dan sebagainya pada trending cangklong akibat wabah GeGeDbako, hal ini berlaku 1 tahun terakhir ini yaitu sejak tahun 2019 dimana Chanel youtube GegeDbako mulai banyak subcriber dan pendontonnya.

Bahkan penjual cangklong Second / bekas atau estate pun mulai banyak dicari karena masyarakat penasaran rasa tembakau bila dicangklong.

Lalu seller-seler tembakau pun mulai kebanjiran orderan bahkan kehabisan stok, karena stiap tembakau muncul diriview GegeDdbako, pasti para viwer langsung otw googleling dan kepoin berbagai Toko Online untuk membeli tembakau yang diriview GegeDbako.

8. Mereka akan profesional dengan Sendirinya.
Ngebako, ngudud, nyigar, nyangklong, ngelinting itu bukan pendidikan formal, tapi experient atau pengalaman yang dibutuhkan, bahkan untuk menyingkat waktu pengalaman, para pemula akan sering bertanya kepada yang sudah duluan melakukan. Dalam Nyangklong, pemula akan mencoba semua jenis bako, mereka akan menonton GeGedbako dan akan mencoba tembakau yang diriview GegeDbako, ngak cukup disitu , mereka akan banyak nanya di kolom komentar Youtube, Facebkook intagram, dan bahkan akan googleling sendiri mencari kenimatan dan kepuasan sendiri , cari tahu sendiri tembakau apa yang enak dicangklong selain yang pernah dia coba pertama kali dan seusai dengan riview GegeDbako.

Alhasil mereka akan menemukannya. akan bertanya kepada ahli lainnya yang lebih dahulu mencoba, disinilah peran cangklonger yang sudah lama berkecimpung untuk memberikan support dan saran yang lebih dalam lagi.

Jangan memperdebatkan teknik riview tembakau linting di cangklong, tapi yuk sama-sama berikan edukasi yang simpel dan ngak bikin kapok pemula, jawab dengan simpel setiap viewer GegeDbako yang mulai masuk ke grup-Grup Facebook mengenai pipa tembakau, welcome jangan di cemooh, dan jangan dipersulit.

Siang malam GedeDbako coba jawab DM, Pesan Wa, Facebook, twitter belum komentar yang menanyakan tenang cangklong, dan selalu dijawab dengan simpel agar pemula tidak kapok dan tdak mundur untuk nyangklong. toh nantinya mereka akan profesional sendiri dengan pengalamannya.

Karena GegeDbako sendiri pernah pada posisi pemula, yang hampir mundur nyangklong karena rasanya pedas, pahit, ngak enak, pas lihat harga pipanya mahal, coba yang murah ngak enak, pas beli bako litning ngak enak dicangklong, pas lihat list bako cangklong hargnya aduhai mahal, dan sebagainya.

Jadi buat para pendahulu cangklongers yuk jangan mengkritisi belebihan teknik dan metode seseorang, kalau kita bisa mengajarkan yang lebih tepat dan baik, ajarkan dan sampaikan semua dengan bijak, karena belum tentu kita lebih baik dari mereka (pemula).

Jadi menurut GegeDbako mari majukan dunia cangklong, linting dan tembakau Indonesia dengan sedikit menyampingkan ego aturan yang ngak ada aturan resminya. Agar masyarakat pencinta tembakau bisa explore rasa dengan bebas dan prodeusen tembakau (linting,cangklong,rokok,kretek) bisa lebih explore model produknya.





Posting Komentar

8 Komentar

  1. Yuppss... Saya pun demikian.
    Memakai tembakau linting di cangklong 😁👍

    BalasHapus
  2. mantab kang, realita ituh kang hehehe

    BalasHapus
  3. Maaf kang sy mau tanya apa semua tembakau linting bisa dicangklong atau tembangkau linting tertentu saja ? .

    BalasHapus
  4. enak juga sih kang, riview akang mengisnpirasi kita semua, bahwa belajar itu ngak harus lewat aturan baku, cara akang mengaet ribuan bahkan ratusan ribu orang untuk mengenal cangklong dengan ajaran yang mudah, bikin kami tertarik buat nyangklong, akhirnya mau ngak mau saya beli juga tembakau khusus cangklong yang harganya aduhai kang, terima kasih kang yang udah membuat kami terutama saya mengenal cangklong walau pertama kali dengan tembakau linting, btw enak sih kang nyangklong tembakau linting rekom akang, murah dan gurih hehehe, berkarya terus kang, jangan dengarkan yang ini itu, sudah berbuat apa mereka buat kemajuan tembakau Indonesia, Salam GegeDbako.

    BalasHapus
  5. Review bako marsbrand atw warning di cangklong lurrr...

    BalasHapus
  6. Cangklong saya dari kayu sonokeling include stemnya,Saya kalo nyangklong pake tembakau virginia linting, saya kasi cengkeh, masih campur daun teh melati yg potongan besar pula, dah gitu saya inhale juga ke paru dikit²...kadang ketemu org nyangklong lainnya sananya mengerenyitkan dahi bingung trus tanya,"situ pemula?" Haha

    BalasHapus
  7. terima kasih tuk pencerahannya. jadi paham, pakem cangklong itu bisa juga flexible

    BalasHapus
  8. KERINN KHALANG BET ONLINE Ḁ판틆 기더얰어: 카지노 사이트
    KERINN 카지노 KHALANG BET ONLINE Ḁ판틆 기더얰어: 카지노 사이트: 기더얰어: 카지노 사이트: 기더얰어: kirill-kondrashin 카지노 사이트: 기더얰어: 카지노사이트: 기더얰어: 기더얰�

    BalasHapus