Apakah Briar Itu ?

Gege Dbako - Briar adalah pohon kecil, jarang tumbuh lebih dari tiga puluh kaki di kisaran alami, wilayah pesisir Laut Mediterania. Ini tidak dipanen untuk kayu tetapi untuk burl, yang tumbuh di antara akar dan batang semak ini. Burl telah sejak lama dihargai karena sifat dan penampilannya yang khas. Babi Briar memiliki tujuan yang unik: mereka adalah bahan yang disukai untuk mangkuk pipa tembakau.

Penemuan tujuan tunggal briar ini tidak disengaja. Seorang Prancis yang bepergian di selatan Prancis ke Corsica memecahkan pipanya pada rute. Dia meminta seorang pemahat lokal untuk membuat pipa baru dari kayu lokal apa pun yang tersedia. Pengrajin memilih Briar burl dan sejarah panjang pembuatan pipa Briar dimulai.

Kayu Briar berasal dari pohon seperti semak yang  dikenal sebagai Erica Arborea dan sebenarnya merupakan bagian dari struktur akar. Secara teknis itu bukan pohon sama sekali, tetapi semak besar. Tanaman ini asli dari Cekungan Mediterania, Portugal, Kepulauan Canary dan Madeira. Yang kurang diketahui, adalah bahwa semak telah bermigrasi ke Etiopia dan Pegunungan Kamerun - walaupun kualitas briar yang dihasilkan di sana seringkali lebih rendah. Erica Arborea dikenal karena bunga putihnya yang mungil dan tinggi lebih besar dari rata-rata. Tanaman dapat mencapai hingga 21 kaki, meskipun tumbuh lebih umum antara tiga dan dua belas kaki.

Bagian dari tanaman yang kita kenal sebagai kayu briar tumbuh tepat di atas struktur akar Erica Arborea. Dikenal sebagai "heath tree", akar padat biasanya digali dari tanah dengan tangan dan kemudian dibagi menjadi blok-blok kecil yang dikenal sebagai burl. Di masa lalu proses ini membutuhkan penghancuran tanaman, tetapi dalam beberapa tahun terakhir menjadi mungkin untuk memanen kesehatan tanpa merusak semak. Luar biasanya, butuh waktu hampir 30 tahun bagi struktur akar ini untuk tumbuh cukup besar untuk dipanen. Struktur akar satu tanaman hanya menghasilkan antara lima dan sepuluh pon burl, atau cukup untuk membuat enam hingga dua belas pipa.

Setelah dipotong menjadi balok, burl direndam dalam air mendidih untuk menghilangkan getah dan resin yang mungkin tersisa dalam potongan yang dipotong. Akhirnya, balok disimpan dalam tanur besar agar kering selama setahun atau lebih. Semua ini terjadi sebelum blok sederhana pernah memiliki kesempatan untuk menjadi pipa merokok!

Briar burl memiliki beberapa sifat berbeda yang menjadikannya pilihan ideal untuk pembuatan pipa. Pertama, sangat keras dan padat yang membuatnya tahan panas. Ia dapat menangani suhu lebih dari 700 derajat Celcius sebelum mulai terbakar. Tahan panas ini dibantu oleh bahan ekstraktif dalam burl itu sendiri - yang berarti bahwa hanya tembakau yang terbakar di mangkuk pipa dan briar tidak menambahkan bumbu apa pun.

Selain itu, Briar membantu mendinginkan asap agar lebih mudah untuk menghirup dan 'mencicipi' tembakau. Berasal dari akar semak, yang diadaptasi untuk menyerap air, Briar burl menyerap uap panas yang dihasilkan oleh pembakaran tembakau dan dalam proses mendinginkan asap sebelum dihirup. Akhirnya, briar burl dengan butiran dan penampilan unik membuat pipa yang sangat indah untuk dilihat. 

Burl adalah tumor jinak atau pertumbuhan mirip kutil yang ditemukan pada banyak spesies pohon berbeda pada batang atau pada akar. Butir burl adalah pusaran yang saling bertautan. Semua burl memiliki 'mata' dengan burl paling berharga yang memiliki kepadatan mata tertinggi. Mata sebenarnya adalah tunas, tunas yang sama yang ditemukan pada cabang kecil dan ranting yang menghasilkan pertumbuhan baru. Tidak ada yang tahu mengapa mata ini berbentuk burl - jauh dari lokasi dan tujuan normal mereka. Banyak teori telah diajukan seperti trauma, serangga, penyakit, dll., Tetapi kita tidak tahu apa yang menyebabkan burl terjadi.

Setelah bur Briar dipanen, mereka dibersihkan dan dipotong-potong sesuai untuk pembuatan pipa. Ada berbagai jenis stek yang tersedia. Blok Ebauchon biasanya berbentuk persegi panjang dan dipotong dari pusat burl. Pemotongan ini memaksimalkan hasil dan lebih banyak tersedia. Blok dataran tinggi berbentuk baji dan sering termasuk beberapa kulit burl. Potongan-potongan ini memaksimalkan penampilan dan bentuk dan lebih mahal. Blok sering dikukus yang mengurangi tekanan pengeringan dan membantu meratakan warna. Kemudian balok-balok tersebut dinilai berdasarkan penampilan dan dibiarkan kering.

Sekalipun Anda tidak ingin membuat pipa, burel Briar terjangkau dan menawarkan pengantar kepada tukang kayu untuk bekerja dengan burl. Briar dapat digunakan untuk benda-benda dekoratif kecil dan barang-barang seperti gagang pisau. Burl harus dibersihkan secara menyeluruh karena kotor dan dapat mengandung pasir. Beberapa pekerja kayu secara progresif menghilangkan kayu secara bertahap, membiarkan kayu beristirahat di antara setiap langkah. Ini dapat membantu kayu mengering dan mencegah retak. Penting untuk diingat bahwa burl tidak pernah dikeringkan dengan kiln. Gandum yang saling bertautan akan hancur sendiri. Keberhasilan dalam membuat burl membutuhkan kesabaran.

Semua perkakas harus tajam karena kayunya sangat keras dan butiran yang saling bertautan dapat sobek dan pecah. Limbah akan tinggi. Biasanya hanya seperempat dari burl akan menghasilkan bahan yang bisa digunakan. Sering ada inklusi kulit dan cacat lainnya untuk dikerjakan. Pengalaman membantu memandu tangan saat mengerjakan burl karena penampilan yang paling dramatis berasal dari melihat mata secara langsung dan bukan dari samping. Finishing harus melengkapi keindahan kayu tidak menyembunyikannya. 

Babi Briar tidak terancam punah dan relatif mudah dibeli. Dealer yang memasok pembuat pipa akan menyediakan balok dataran tinggi dan ebauchon. Pedagang kayu khusus sering menyediakan burl utuh, yang dijual dengan pound. Briar adalah pilihan yang sangat baik bagi pekerja kayu yang ingin menjelajahi permata hutan dan akan memberi hadiah kepada pasien dan pengrajin yang gigih.


Berat Kering Rata-rata30 lbs / ft³Ukuran beratnya pada kelembaban 12% dan suhu sekitar 70 ° F.
Berat jenis0,91Ukuran rasio kepadatannya dibandingkan dengan air (pada 12% MC)
PenyusutanRadial: 6.1 
Tangensial: 8.5 
Volumetrik: 15.6
Radial (jumlah penyusutan melintang); 
Tangensial (jumlah penyusutan memanjang); 
Volumetrik (jumlah total penyusutan.)
Rasio T / R1.4Ukuran keseragaman tangensial dengan susut radial.
Janka Hardness2,090 lbfUkuran resistensi terhadap gigitan dan abrasi.
Kekuatan Menghancurkan8.540 lbf / in²Ukuran kekuatan kompresi sejajar dengan butiran.
Warna
Coklat muda dan krem, hingga cokelat muda dan cokelat kemerahan. 
Gandum Pola pusaran atau nyala yang berulir ketat, biasanya saling bertautan (serat kayu tumbuh memancar dari titik pusat ke kulit luar).
TeksturKasar, berpasir.
Bisa diterapkan
Abrasif pada alat pemotong. Lebih cocok untuk rasp, alat gerinda, dan sander.
Penggunaan
Pipa tembakau, gagang pisau, dan barang-barang kayu khusus kecil lainnya.
Harga$ 6,00 - $ 10,00 per pon

 Sumber : Berbagai Sumber

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Informasinya ditranslate pakai googlr translate ya? Bingung saya yang bacanya..

    BalasHapus
  2. Adakah kayu yg sebanding dengan Briar di Indonesia?

    BalasHapus