Gegedbako : Jangan jadikan Ukuran Rokok Komersil untuk membeli Alat Linting

 












Jangan jadikan Ukuran Rokok Komersil untuk membeli Alat Linting


Banyak sekali yang membeli alat linting di marketplace gegedbako atau pesan via wa, inbox instagram dan facebook, menayakan : alat 70 mm ini bisa untuk ukuran mild?, kalau 78 ini diameternya ukuran mild atau tidak?, bahkan apakah ukuran 110 mm ini bisa untuk ngelinting seukuran mild?

Sah saja bertanya demikian, dan hal ini membuktikan banyak sekali rekan-rekan kita masih awam dan baru belajar ngelinting.

Ngelinting atau membuat rokok sendiri sekarang, adalah trend apalagi sejak ada youtube dan medsos seperti Gegedbako, menjadikan orang penasaran untuk ngelinting bahkan beralih dari rokok ke lintingan atau tingwe.

Namun jarang sekali web, situ, ataupun medsos yang memberikan tutorial lengkap panduan dan bagaimanakah ngelinting itu.



Nah disini, Gegedbako mencoba menjawab pertanyaan tersebut di atas. Jawabannya adalah jangan jadikan ukuran rokok menjadi patokan kita dalam melinting, walaupun sah ingin membuat lintingan mirip rokok kesukaan kita, bahkan alatny sudah sangat banyak dijual, seperti alat linting srolok, alat linting plastik regulas ukuran super dan mild, atau alat linting yang bisa distel ukurannya.

Namun jika teman-teman menemukan alat linting atau handroller ukuran 70 mm, 78 mm ataupun 110 mm dijual di marketplace, jangan tanyakan itu alat bisa untuk ukuran mild.

Alat 70, 78 dan 110 mm adalah alat untuk ngelinting kertas papir atau kertas lintingan ukuran max 70 mm, 78 mm atau 1 1/4 dan ukuran 110 mm atau king size. Bukan hanya dikhususkan  untuk ngelinting mirip rokok yang kita suka.



Gegedbako selalu bilang, untuk ukuran rokok komersial dipasaran dan papir lokal dan non prmeium itu ukurannya 80-90 mm, sehingga jika menggunakan alat linting 70 mm dan 78 mm ngak akan bisa. Kalau untuk diameter bisa, baik pakai filter 7.8 mm  ataupun 8.0 mm tergantung kelincahan tangan kita, tergantung lebar kertas papir, tergantung jumlah tembakau yang kita masukan ke alat linting kita karena semakin banyak tembakau yang dimasukan, maka alat linting 70, 78 dan 110 akan mengikuti jumlah ukukran tersebut dengan jumlah maksimal tertentu dan akan mengikuti maksimal lebar papir serta busa filter jika kita pakai filter.



Kalau teman-teman mau alat linting yang sesuai pas dengan ukuran papir lokal, rokok komercial, disarankan pakai yang alat linring standart plastik seperti srolok dan alat linting plastik stanadart, jika ingin menggunakan handroller pabrikan yang terbuat dari besi dan arcilic parbrikan baik berlebel ataupun tidak, baiknya gunakan alat linting ukuran 110 mm, walau pun ada lebih ruang, namun bisa digunakan untuk semua ukuran rokok komercial tinggal tentukan jumlah tembakau, lebar dan panjang kertas papir dan ukruan busa filter seperti yang GegeDbako jelaskan di atas.



Jadi jangan penafsirannya harus di balik, alati 70, 78 dan 110 untuk ukuran a, b dan c jangan bertanya ini ukuran mild atau super.karena alat tersebut dibuat secara stanart internasional sesuai kertas papir premium yang dibuat di seluruh dunia dan bukan berdasarkan ukuran rokok komercial.



Jika ingin yang bisa diatur ukurannya, banyak dijual juga ukuran 70 - 110 mm yang bisa diatur besar kecil diamternya pada merk tertentu, namun harganyan terntu berberbeda dan terbatas pada merk tertentu.


Semoga bermanafaat, salam GegeDbako.


Posting Komentar

3 Komentar

  1. Gak jelas.
    Kata2nya muter muter.

    BalasHapus
  2. Banyak orang tidak mau belajar memahami spesifikasi sebuah produk apalagi melakukan inovasi dalam berproses untuk mendapatkan hasil yang optimal.

    BalasHapus
  3. Gajelas lu kontol

    BalasHapus