Cara Mudah Menikmati Tembakau Di Pipa Cangklong Ala GegeDbako

Gegedebako - Untuk teman-teman yang lagi mencoba ingin belajar nyangklong dan lagi penasaran sekali bagaimana cara nyangklong mari simak tulisan saya mengenai cara Mudah Menyalakan Tembakau Di Pipa Cangklong Ala GegeDbako.

Jika kita ikuti grup-grup Facebook, bakhan Grup Wa atau Grup lainnya yang membahas mengenai pipa cangklong, terkadang kita dibuat susah dengan aturan-aturan baku yang mungkin menurut sebagian orang ( yang lebih dahulu menikmati tembakau adalah paling benar ).

Saya pribadi ketika belajar cangklong atau awal nyangklong adalah hampir putus asa dengan rasa awal yang ngak enak di rasakan. Diantaranya adalah :

  1. Yang Pertama salah mendapatkan tembakau yang enak di cangklong jadi rasa pahit yang aduhai kerasa ko ngak enak banget.
  2. Yang Kedua adalah menapatkan pipa cangklong yang harga 20ribuan tanpa stem, dan walau awal pengisapan terasa enak , mempesona dan kelihatan gaya, lama-lama ko ada bunyi pipa air ngeberewek atau bunyi air dalam pipanya.
  3. Yang ketiga, lama-lama ko lidah terasa tidak enak, oh ternyata lidah depan saya mulai terbakar pelan pelan karena hawa panas dari pembakaran yang masuk kemulut.
  4. Yang ke empat, air dan uap dari hasil pembakaran, masuk kedalam mulut saya, dan bikin pahit dilidah dan saking takutnya, cepat-cepat saya meludah.
  5. Yang Ke lima, api yang sering mati, susah hidup dan harus berkali-kali menyalakan.


Nah teman - teman Gegedbako, itulah pengalaman pertama saya belajar nyangklong, jadi kalau semua pemula atau yang ingin belajar nyangklong menjumpai hal itu, lalu di cekokin atau di ajarin hal baku, peraturan cara menyangklong yang baku, pasti dengan cepat semua pemula akan segera meninggalkan pipa cangklongnya dan kembali kepada kebiasaan lama yaitu meroko dan sebagainya.

Oleh karenanya, dalam setiap video Gegedbako ataupun setiap jawaban pertanyaan mengenai cara nyangklong pasti saya akan memberikan penjelasan singkat yaitu, dengan jawaban, bakar lagi, jangan menyerah, memang begitu awalnya, lama-lama akan ketemu enaknya.

Satu yang perlu diketahui oleh temen-temen Gegedbako yang baru pertama kali belajar nyangklong, setiap pipa ada perbedaan cara menyalakan dan menikmatinya nya, setiap tembakau pun ada cara sendiri menyalakan dan menikmatinya, begitupun dengan cara merawat dan menyimpan pipa cangklong dan tembakau pun setiap pipa dan tembaku punya cara masing-masing menanganinya, jadi jangan sama ratakan setiap cara menikmati pipa cangklong dan tembakau pipa. Hal yang paling dasar bagi pemula adalah semangat terus dan bakar lagi, nanti juga akan tau sendiri bagaiamana cara menangani pipa yang kita punya, tembakau yang kita pakai. 

Dan lama lama semakin sering adventure pipa serta tembakau maka kita akan semakin mudah dan semakin enjoy menikmati tembakau.


Pesan khusus kepada para cangklongers senior (yang duluan nyangklong) jangan meremekan, gaya-gaya atau teknik teknik baru dalam nyangklong, karena jika dipelajari dari seluruh dunia, teknik dasarnya sangat mudah dalam nyangklong, dan sangat banyak gaya dalam nyangklong di seluruh bagian dunia ini, sehingga menurut saya pribadi semua teknik adalah sah, karena tidak ada aturan baku yang mengharuskan a atau b dan sebagainya, bahkan beberapa cangklongers di dunia setuju akan hal tersebut. Jika keluar aturan atau salah, tidak ada hukuman yang berarti bagi cangklongers baru yang salah di awal, hanya kerugian kecil saja seperti pengalaman saya di atas yang hanya terjadi di awal belajar nyangklong saja.

Jika kita ngejelimet dengan aturan main dalam nyangklong maka nanti yang belajar nyangklong akan bingung, biarkan semua mengalir bagai air dan sampai pada tujuannya dengan sempurna, lengkapi yang kurang, jangan patahkan yang kurang, karena itu lebih indah dan lebih santun.

Setiap pribadi termasuk saya ingin nyangklong adalah ingin enjoy, ingin menikmati tembakau, ingin aduhai, ingin santai, ingin lepas dari beban penat dengan menikmati tembakau, jadi sebagian orang atau pribadi ngak mau di tambah pusing dengan aturan harus a dan harus b dalam nyangklong (wong cuman mau enjoy). Nah nantinya jika sudah enjoy pasti akan cari sendiri teknik nyangklong yang lebih mudah dan enak dengan gaya masing- masing.

Jangan takut cangklong akan cepat rusak karena teknik pembakaran, tembakau ini salah itu salah (nanti akan saya bahas cara blending tembakau cangklong yang enak dan mudah juga di artikel lainnya). hampir semua cangklongers di dunia pasti pernah mengalami pipa tembakau atau cangklong atau padudnya rusak, bahkan terkadang rusak bukan hanya dari pembakaran saja, bisa salah nyimpen, jatuh dan sebagainya.

Jenis pipa dari kayu briar, mau slow smoking atau hard smoking is save, enjoy..., ikuti irama pembakaran tembakau yang ada dalam pipa cangklong kita, itu sangat luar biasa nikmatnya. Sama seperti kita gas kendaraan, kalau sudah di gas dan enak, maka tikungan tajam pun pasti nikmat melewatinya.

Cara mudah menikmati tembakau dengan pipa tembakau menurut saya adalah :

  • Masukan tembakau ke pipa cangklong
  • Masukan secara bertahap, buat 1-3 bagian
  • Jangan terlalu rapat dan terlalu dipadatkan
  • Bakar tembakau dalam pipa cangklong
  • Lihat dan cermati apakah api sudah sempurna
  • Jika sudah menyala sempurna, nikmati dan enjoy
  • jika di tengah jalan mati, bakar lagi dan ulangi sampai dapat pembakaran sempurna
  • gunakan alat bantu tamper ( jika tidak ada bisa pakai sesuatu dari bahan besi / kayu seperti paku dan sebagainya) untuk menata tembakau dalam cangklong agar mudah terbakar.
  • Umpamakan cangklong adalah tungku pembakaran ketika memasak dengan kayu bakar, dan jadikan tembakau sebagai bahan bakarnya, upayakan dengan cara dan gaya kita sendiri bagaimana cara agar kayu bakar ( tembakau ) menyala sampai menjadi abu. Sempurna. !!


Demikian teman-teman Gegedbako, beberapa hal yang mungkin bisa membantu temen-temen gegedbako dalam nyangklong, semangat terus menikmati tembakau dengan cangklong, karena sensaninya itu aduhai dan mempesona. Salam Cangklongers dan salam GegeDbako.

Posting Komentar

5 Komentar

  1. Saya berada di ambang putus asa,tembakau nya saya doyan,mati terusnya yg bikin saya ga enjoy...

    BalasHapus
  2. Selamat malam ,maap saya pemula untuk cangklong baru2 ini ,mohon arahan nya ,lidah saya merasa terbakar ,itu gi mana cara nya supaya tidak seperti itu? Dan biar lidah bisa biasa lagi cara nya pake apa ,dan gimana ,mohon arahan.nya

    BalasHapus
  3. penjelasannya banget2 mencerahkan, jadi antusias mau beralih ke cangklong. makasih kang Gege

    BalasHapus