Pipa Tembakau Calabash / Cangklong Labu

GegeDbako - Pipa tembakau Calabash atau Labu labu (biasanya dengan meerschaum atau mangkuk porselen yang dipasang di dalamnya) dibuat sudah cukup lama dan merupakan sebuah pipa tembakau yang memiliki harga, sangat padat karya atau seni tinggi dan saat ini cukup mahal. 

Karena biaya ini, pipa dengan tubuh terbuat dari kayu (biasanya mahoni) bukan labu, tetapi bentuk klasik yang sama dijual sebagai calabash. Baik pipa kayu maupun labu secara fungsional sama. Keduanya memiliki ruang udara di bawah mangkuk yang berfungsi untuk mendinginkan, mengeringkan, dan melunakkan asap. Ada juga pipa briar yang dijual sebagai calabash. Ini biasanya tidak memiliki ruang udara dan diberi nama hanya karena bentuk luarnya.

Konstruksi pipa calabash (labu)  umumnya terdiri dari kurva ke bawah yang berakhir dengan kurva di mana mangkuk berada. Pusat gravitasi yang rendah ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah memegang pipa di mulut saja, membiarkan tangannya bebas. Keuntungan ini sering digunakan oleh aktor yang ingin menggambarkan karakter mereka merokok sambil mengizinkan mereka untuk melakukan bisnis lain secara bersamaan. Itulah sebabnya karakter Sherlock Holmes, yang tidak pernah menggunakan pipa semacam ini dalam cerita, secara stereotip digambarkan mendukungnya karena produksi dramatis awal, terutama yang dibintangi oleh William Gillette dan Basil Rathbone, membuat keputusan artistik ini. Faktanya, Holmes, yang lebih menyukai tembakau yang keras, mungkin akan tidak menyukai calabash ( labu )karena efek mellow yang disebutkan di atas.

Calabash (Labu) yang khusus dibuat untuk pembuatan pipa biasanya "diolah dengan tangan" saat masih hijau & tumbuh. Setiap beberapa hari, setelah buah mulai berkembang, penanam akan membengkokkan "leher" labu, sampai buah itu terbentuk menjadi hampir setengah lingkaran. Ini terutama ditanam di Afrika Selatan.

Posting Komentar

0 Komentar