Tamping Dan Lighting Dalam Nyangklong

Gegedbako - Jika sewaktu-waktu pipa cangklong kita di isi dengan tembakau yang kurang sesuai, bagaimanakah solusi menyalakannya?

Teman-teman Gegedbako, Jika kita belajar dari buku absolut merokok pipa, kita harus terlebih dahulu melakukan pembakaran palsu, atau pembakaran hangus. Ini dilakukan hanya untuk mengharumkan tembakau ke seluruh bagian atasnya. lalu kita biarkan ini memadam, bahkan kita disarankan sedikit merobek bako yang hangus itu (menusuk menusuk dengan tamper), dan kemudian melakukan pembakaran pertama, lalu kita mulai menikmati pipa cangklong sampai bako habis tanpa di stop lampu merah lagi.

Ini adalah teori yang hebat, tetapi coba kita lihat kontes pipa cangklong di luar negeri sana bisa kita tonton di media online.

Pada kontes nyangklong atau madud, biasanya pemenangnya adalah yang datang terakhir. Objek dalam kontes semacam itu adalah menjadi yang terakhir dengan pipanya yang masih menyala. Hanya dua pembakaran yang diizinkan, dan  pembakaran kedua harus dilakukan dalam satu menit setelah pembakaran pertama. Semua kontestan diberi pipa dan tembakau yang sama untuk memuatnya, jadi semua orang memulai dengan yang sama.

Tapi kembali ke dunia nyata. Seringkali, setelah melakukan pembakaran pertama, tembakau yang tidak terbakar tetapi dipanaskan di dekat bagian atas akan mengembang cukup banyak, dan "sprangle" ke atas dan ke luar. Ini semua perlu dirubah kembali sehingga kita memiliki permukaan yang rata. Tapi jangan khawatir tentang melakukan pembakaran palsu yang sempurna. Terkadang Saya nyangklong pipa dengan tembakau yang di isi sedikit bako agar hanya sedikit memakan waktu menikmati tembakaunya dan agar tidak melakukan pembakaran ulang terus menerus.

Terdakang saya akan melakukan dua atau tiga kali pembakaran palsu diikuti oleh tamping yang sesuai sebelum saya mendapatkannya persis seperti yang saya inginkan.

Yang penting adalah pembakaran tembakau bagian atas terbakar seluruh permukaan secara merata dan menyeluruh.

Jika saat kita merasakan api mulai padam saat menikmati asap bako cangklong, disarankan jangan coba mengipaskannya kembali dengan mengeluarkan udara masuk dan keluar dari mangkuk. Ini akan menyebabkan titik panas tertentu pada tembakau, dan menyebabkan tembakau terbakar secara tidak merata. Cukup dengan sedikit memadatkan abu pembakaran menjadi datar dan menyalakan kembali, pastikan untuk menyalakannya secara merata di seluruh permukaan tembakau seperti pertama kalinya.

Berapa kali menyalakan kembali? inilah yang saya sebutkan selalu dengan bakar lagi, banyak cangklongers dunia pun melakukan ini dengan santuy dan tanpa merasa bersalah. Menyalakan kembali dengan bakar lagi dapat kita lakukan sesuai kebutuhan untuk menyelesaikan pembakaran tembakau dalam mangkuk cangklong, atau sampai kita bosan dan memutuskan untuk berhenti. 

Ada seseorang dari mancanegara berkata "jika Anda menyalakan kembali lebih dari lima kali selama smoking, Anda bisa membakar pipa Anda." beberapa rekan mancanegara tertawa keras mendengar ini, dan jawaban mereka kepadanya adalah, "jika itu benar, maka saya akan membakar sekitar 150 pipa sekarang.".

Point penting yang mesti diketahui temen - temen Gegedbako adalah  jika kita merasa bahwa pipa terasa menjadi panas, berhenti saja. Biarkan api padam dan biarkan pipa menjadi dingin. Setelah dingin, kita dapat menyalakannya kembali, atau mungkin berganti kepada pipa lainnya, jika memang kita memiliki banyak pipa cangklong. 

Banyak cangklongers dan paduders dunia melakukan pemeriksaan panas pipa adalah menempatkan mangkuk di pipi kita. Jika begitu panas sehingga dan ngak tahan menempelkannya di pipi lebih dari beberapa detik, makacangklomg kita itu terlalu panas. 

Kalau saya cukup menggengam bowl cangklong dengan telapak tangan , jika panasnya berlebih biasanya saya cukupkan dahulu nyangklongnya, dan mulai setelah agak dingin atau ganti pipa cangklong.

Banyak cangklongers dunia termasuk saya suka memiliki kebulan asap tebal melayang di sekitar saya, dan kadang-kadang saya menghasilkan terlalu banyak panas, yang ternyata banyak juga temen temen cangklongers lokal komplen dan bilang pufing terlalu jelek, terlalu keras harus slow smoking, wkwkwk, wong enak mau gimana hehehe...gas terus yang penting cangklong aman, tembakau terbakar dan enjoy.

Satu hal lagi yang mesti temen-temen Gegedbako tahu saat nyedot asap dari pipa cangklong. Jika kita merasa seperti "mengisap" udara atau hampa atau ngempos, maka kita mungkin mengemasnya terlalu ketat, atau mungkin ada daun atau abu (atau cake berlebih) yang menghalangi saluran udara. triknya adalah kita longgarkan paket bako dalam cangklong dengan pick dari alat pipa kita (tamper) , atau paku atau yang serupa dengan itu, jika perlu. 

Salam Cangklongers dan salam Gegedbako !!!

Posting Komentar

0 Komentar