Perbedaan Nyata Tembakau Rokok dan Pipe Tembakau / Cangklong / Padud

GegeDbako - Teman-teman Gege Dbako, perbedaan terbesar yang  bisa kita temukan adalah potongan, dan campuran.

Kebanyakan tembakau pipa dipotong lebih kasar daripada tembakau rokok. Tembakau rokok terlalu halus untuk dikemas dengan baik di dalam pipa. 


Sebagian besar campuran rokok adalah campuran berbasis Virginia. Pipa tembakau memiliki jenis daun yang lebih beragam yang memungkinkan rasa yang lebih beragam. Karena pipa tembakau dijual tanpa ada batasan, maka biasanya penyangklong  bisa mencampurnya sendiri beberapa campuran tembakaunya. 

Saya sendiri GegeDbako, kadang mencampur tembakau srintil Grade G dengan tembakau mole atau dengan soppeng, karean pada beberapa tembakau cangklong ada yang saya rasakan terlalu keras di badan saya bahkan ada juga yang kurang nendang ketika di cangklong.


Tembakau rokok kadang kuat dan nendang. Ini karena Burly secara alami tinggi nikotin. Selain pengolahan dan aditif yang ditambahkan ke tembakau tembakau itu dipotong menjadi strip yang sangat halus. Ini untuk menghasilkan kelembutan, bahkan pembakaran sehingga teman-teman Gege Dbako dapat merokok dengan nikotin selama 2-3 menit. Ingat, tujuan rokok adalah untuk memberikan nikotin secepat mungkin. Jika kita ketagihan rokok maka sebaiknya hanya mengisap dengan jarak 30 hingga 45 menit.

Pipa tembakau dibuat dari tembakau yang telah diproses dengan berbagai cara, dan tumbuh di berbagai belahan dunia. Kombinasi atau campuran yang berbeda inilah yang membuat pipa merokok menyenangkan bagi mereka yang merokok.

Beberapa jenis tembakau yang digunakan untuk campuran pipa adalah:

Burly, sama seperti tembakau rokok tetapi biasanya sembuh berbeda. Perpaduan yang kekar akan terasa seperti rokok.

Virginias, memiliki rasa sweater daripada kekar lurus dan sering menjadi basis utama untuk campuran.

Latikia adalah tembakau yang disembuhkan dari api yang membakar lambat untuk memberikan rasa api dan bau asap ke campuran. Biasanya digunakan dalam jumlah kecil relatif terhadap pangkalan.

Tembakau Perique hanya dibuat di Saint James Parish, Louisiana, USA. Tembakau ini difermentasi dalam tong di bawah tekanan untuk memaksimalkan rasa. Ini, seperti Latikia digunakan lebih sebagai bumbu daripada bahan utama. Ini menambahkan rasa pedas, pedas ke dalam campuran.

Ada jenis tembakau lain, terutama berdasarkan pada bagaimana tembakau diproses, di Indonesia sendiri sangat jarang produk tembaka pipa cangklong yang enak di kantong, branding dan berkualitas. saya sendiri lebih enak membeli tembakau original khsusu cangklong ke petani, karena lebih jos, seperti di atas tadi diantaranya serintil dan beberapa tembakau temanggung. Walau semua itu kembali ke selera. Jadi menurut saya pribadi walau beda selera, kelas dan teknik tujuannya tetap sama 1 asap.

Jadi bagi teman-teman Gege Dbako bila ingin nyangklong, mulai sajalah dahulu, nanti akan ketemu cara terbaik untuk diri sendiri, baik buat orang lain belum tentu baik buat kita begitupun sebaliknya, walau kadan banyak juga persamaannya.

Hal yang mesti diketahaui dari rokok adalah ada banyak tambahan dan bahan kimia di dalam tembakau rokok.

Tembakau rokok umumnya menurut beberapa pengamat memiliki kualitas terendah dari semua tembakau yang ada. Banyak faktanya : diantaranya harga rokok harus murah (dilura negeri 20 gram rokok tembakau berharga sekitar 0,25 - 0,5 $ tanpa pajak), maka biasanya akan memerlukandalam jumlah besar bahan kimia untuk menutupi masalah dengan rasa dan kualitasnya.


Semoga bermanfaat, Salam Gege Dbako !!!

Posting Komentar

2 Komentar

  1. apakah aman mengihisap tembakau aroma tingwe dengan cangklong, dan menghisapnya seperti rokok biasa

    BalasHapus