Apakah Wrapper Pada Cerutu itu ?

Gege Dbako - Teman-teman Gege Dbako, Wrapper pembungkus cerutu adalah daun terluar pada cerutu dan merupakan daun tembakau tunggal yang melilit pengisi dan pengikat cerutu. Bersamaan dengan pengisi dan pengikatnya, bungkusnya membantu membuat karakter dan aroma cerutu .

Lapisan terluar cerutu, atau pembungkus (bahasa Spanyol: capa ), adalah komponen cerutu yang paling mahal. Pembungkus menentukan banyak karakter dan aroma cerutu, dan karena itu warnanya sering digunakan untuk menggambarkan cerutu secara keseluruhan. Pembungkus sering ditanam di bawah kanopi besar yang terbuat dari kain kasa untuk meredakan sinar matahari langsung dan difermentasi secara terpisah dari komponen cerutu yang lebih kasar lainnya, dengan maksud untuk menghasilkan daun yang tipis, halus, lentur. 

Seiring dengan pengisi dan pengikatnya, bungkusnya membantu membuat karakter dan aroma cerutu. Meskipun pendapat bervariasi tentang berapa banyak rasa yang diberikan bungkus kepada cerutu. Tergantung pada jenis tembakau yang digunakan untuk bungkusnya, tembakau dapat memberikan rasa yang sangat banyak untuk cerutu.

Umumnya, pembungkus cerutu / wrapper yang lebih gelap cenderung memiliki rasa yang lebih manis, lebih penuh, sedangkan pembungkus yang warnanya lebih ringan cenderung lebih ringan. Tapi sekali lagi, rasanya bervariasi sesuai dengan campuran pengisi.

Tembakau bungkus yang diproduksi tanpa kanopi kasa di mana daun "ditanam", umumnya lebih bertekstur kasar dan rasanya lebih kuat, umumnya dikenal sebagai "tumbuh dewasa". Sejumlah negara berbeda digunakan untuk produksi tembakau bungkus, termasuk Kuba, Ekuador, Indonesia, Honduras, Nikaragua, Kosta Rika, Brasil, Meksiko, Kamerun , dan Amerika Serikat. 

Sementara lusinan warna pembungkus kecil telah dipuji oleh produsen, tujuh klasifikasi paling umum adalah sebagai berikut, mulai dari yang paling terang sampai yang paling gelap:
WarnaDeskripsi
Candela ("Double Claro")sangat ringan, agak kehijauan. Dicapai dengan memetik daun sebelum jatuh tempo dan mengering dengan cepat, warnanya berasal dari klorofil hijau yang tertahan .
Clarocokelat sangat terang atau kekuningan
Colorado Clarocokelat sedang
Colorado ("Rosado")Cokelat kemerahan
Colorado Madurocoklat lebih gelap
Madurocoklat sangat gelap
Oscuro ("Double Maduro")hitam
Beberapa produsen menggunakan sebutan alternatif:
PenunjukanAkronimDeskripsi
Pemilihan Pasar AmerikaAMSidentik dengan Candela ("Double Claro")
Pemilihan Pasar InggrisEMSbungkus berwarna alami apa pun yang lebih gelap dari Candela tetapi lebih terang dari Maduro 
Pemilihan Pasar SpanyolSMSsalah satu dari dua warna paling gelap, Maduro atau Oscuro
Secara umum, pembungkus gelap menambahkan sentuhan manis, sedangkan yang ringan menambahkan sedikit kekeringan pada rasanya.

Atau teman-teman gege Dbako bisa membaca penjelasan berikut :

Pembungkus cerutu hadir dalam berbagai warna. Variasi dalam warna bungkus cerutu adalah hasil dari bagaimana daun bungkus diproses, serta variasi warna di antara berbagai jenis tembakau dan jumlah sinar matahari yang terkena daun. 

Ada tujuh warna dasar cerutu, meskipun ada banyak warna halus di antara warna-warna dasar ini. Ada lebih dari 100 warna bungkus cerutu yang diidentifikasi oleh produsen, tetapi secara luas diklasifikasikan ke dalam tujuh kelompok utama. 

Dari terang ke gelap, tujuh warna pembungkus cerutu yang umum digunakan tercantum di bawah ini.



Double Claro
Disebut juga Candela atau Pemilihan Pasar Amerika. Ini adalah warna yang sangat ringan, agak kehijauan hingga kuning yang dicapai dengan proses pengeringan cepat berbantuan panas yang mempertahankan kandungan klorofil daun pembungkus. Pembungkus ini memiliki rasa yang sangat ringan dan dulunya populer, tetapi sekarang telah keluar dari mode. 

Claro
Tembakau yang ditanam di bawah naungan yang memiliki pembungkus warna cokelat muda. Ini biasanya ditanam di bawah tenda teduh di mana daun dipetik sebelum mereka dewasa, dan kemudian dengan cepat dikeringkan dengan udara. Pembungkus Claro relatif netral atau beraroma ringan. 

Colorado Claro atau Natural
Warna bungkus cerutu cokelat muda yang paling sering ditanam di bawah sinar matahari. Juga dikenal sebagai pembungkus EMS (Pemilihan Pasar Inggris). 

Colorado
Warna daun pembungkus sedang-coklat sampai merah kecoklatan. Biasanya ditanam di bawah naungan dan ditandai dengan rasa yang kaya atau kuat, dengan beberapa aroma manis dan halus. 

Colorado Maduro
Lebih gelap dari colorado dan lebih ringan dari maduro. Pembungkus yang paling terkenal dalam warna ini adalah pembungkus Afrika dari Kamerun. Ini juga ditanam di Honduras atau Nikaragua dari biji Kuba. 

Maduro
Warna pembungkus bervariasi dari coklat kemerahan gelap ke coklat sangat gelap. Maduro berarti "matang" dalam bahasa Spanyol, merujuk pada proses yang lebih lama yang dibutuhkan untuk warna bungkus cerutu semacam ini. Daun pembungkus memiliki periode fermentasi yang sangat panjang atau dimasak dalam ruang bertekanan. Mereka dapat bervariasi dalam rasa dari manis hingga lembut, untuk rasa duniawi yang kuat dengan aroma ringan. Ini terutama ditanam di Connecticut, Meksiko, Nikaragua dan Brasil. 

Oscuro
Biasanya lebih gelap dari naungan warna maduro dan hampir hitam. Pembungkus ini diproduksi dengan meninggalkan daun pembungkus di pabrik untuk waktu yang lebih lama. Hanya daun dari bagian atas tanaman tembakau yang digunakan, yang memiliki sinar matahari paling banyak dan juga difermentasi untuk jangka waktu yang lebih lama. Pembungkus ini kadang-kadang disebut "hitam" atau "negro" dan sebagian besar ditanam di Kuba, Nikaragua, Brasil, Meksiko, dan Connecticut, AS.


Sun Grown & Shade Grown Wrappers 
Tanaman tembakau yang ditanam untuk pembungkus di bawah tenda teduh atau terpal kain disebut Shade Grown. Tenda-tenda besar ini menyebarkan sinar matahari, memberikan tekstur yang lebih seragam dan permukaan yang lebih halus ke daun pembungkus. Sun Grown adalah tanaman tembakau yang ditanam langsung di bawah sinar matahari dan lebih tebal dengan lebih banyak pembuluh darah. Daun yang ditumbuhkan berwarna lebih terang dibandingkan dengan daun Sun yang tumbuh yang menghasilkan pembungkus yang lebih gelap.


Jenis Pembungkus Cerutu - Nama 
Ada banyak jenis pembungkus cerutu yang tumbuh di seluruh dunia. Di bawah ini adalah beberapa nama daun tembakau pembungkus yang ditanam di seluruh dunia. (Catatan: ini bukan daftar lengkap, hanya contoh dari beberapa tembakau pembungkus yang paling populer ditanam.) 

Connecticut Naungan / Connecticut Shade
Daun bungkus claro ini adalah salah satu daun pembungkus berkualitas tinggi dan paling mahal di industri. Warnanya yang khas, warna cokelat keemasan diperoleh dengan menumbuhkannya di bawah naungan tenda-tenda besar di Lembah Sungai Connecticut. 

Connecticut Broadleaf 
Juga dari Lembah Sungai Connecticut, daun pembungkus maduro ini ditanam di bawah sinar matahari, yang menghasilkan bungkus yang lebih gelap dan lebih manis. 

Naungan Ekuador Ditumbuhkan / Ecuadorian Shade Grown
Wrapper ditanam di wilayah Ekuador yang menerima tutupan awan yang konsisten sepanjang musim tanam dan juga disebut "Cloud-Grown." Cahaya yang menyebar secara alami ini menghasilkan pembungkus cerutu dengan tekstur halus dan struktur berurat halus, dan menciptakan daun dengan warna yang konsisten. 

Pembungkus Kamerun / Cameroon Wrapper
Negara Afrika ini menghasilkan pembungkus matahari yang ditumbuhkan dengan rasa yang kaya dan aroma manis. Warnanya coklat tua dan dapat ditemukan pada merek cerutu populer seperti Arturo Fuente & lainnya. 
HABANA 2000 (H2000) 

Ini adalah pembungkus baru yang terbuat dari tembakau Benih Kuba yang tumbuh di Nikaragua.

Beberapa kata yang menggambarkan rasa cerutu: pedas, manis, pedas, asin, keras, pala, bersahaja, kayu, coklat, dipanggang, gila, cedar, ek, buah, kasar, dan banyak lagi. Rangkaian rasa cerutu terus berlanjut.


Sumber : berbagai sumber.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Mas Gege dbako , adakah kira² cerutu double claro produksi Indonesia ?

    BalasHapus