Pipa Tembakau / Cangklong Briar

Gege dbako - Saat ini mayoritas pipa briar ini  dijual  dipasaran , apakah buatan tangan atau buatan mesin, yang dibuat dari briar ( Perancis : Bruyère ). Briar adalah kayu yang sangat cocok untuk pembuatan pipa karena beberapa alasan. Karakteristik pertama dan paling penting adalah ketahanan alami terhadap api. Yang kedua adalah kemampuan yang melekat untuk menyerap kelembaban. The Burl menyerap air di alam untuk memasok pohon di kali kering dan juga akan menyerap kelembaban yang merupakan produk sampingan dari pembakaran. 

Briar dipotong dari gundukan akar pohon heath ( Erica arborea ), yang berasal dari tanah berbatu dan berpasir di wilayah Mediterania. Burl Briar dipotong menjadi dua jenis balok; ebauchon dan dataran tinggi. Ebauchon diambil dari jantung burl sedangkan plateaux diambil dari bagian luar burl. Meskipun kedua jenis blok ini dapat menghasilkan pipa dengan kualitas terbaik, sebagian besar pembuat pipa lebih suka menggunakan pelat lantai karena sifat butirannya yang unggul.


Apa itu kayu briar?

Kayu Briar berasal dari pohon seperti semak yang  dikenal sebagai Erica Arborea dan sebenarnya merupakan bagian dari struktur akar. Secara teknis itu bukan pohon sama sekali, tetapi semak besar. Tanaman ini asli dari Cekungan Mediterania, Portugal, Kepulauan Canary dan Madeira. Yang kurang diketahui, adalah bahwa semak telah bermigrasi ke Etiopia dan Pegunungan Kamerun - walaupun kualitas briar yang dihasilkan di sana seringkali lebih rendah. Erica Arborea dikenal karena bunga putihnya yang mungil dan tinggi lebih besar dari rata-rata. Tanaman dapat mencapai hingga 21 kaki, meskipun tumbuh lebih umum antara tiga dan dua belas kaki.

Bagian dari tanaman yang kita kenal sebagai kayu briar tumbuh tepat di atas struktur akar Erica Arborea. Dikenal sebagai "heath tree", akar padat biasanya digali dari tanah dengan tangan dan kemudian dibagi menjadi blok-blok kecil yang dikenal sebagai burl. Di masa lalu proses ini membutuhkan penghancuran tanaman, tetapi dalam beberapa tahun terakhir menjadi mungkin untuk memanen kesehatan tanpa merusak semak. Luar biasanya, butuh waktu hampir 30 tahun bagi struktur akar ini untuk tumbuh cukup besar untuk dipanen. Struktur akar satu tanaman hanya menghasilkan antara lima dan sepuluh pon burl, atau cukup untuk membuat enam hingga dua belas pipa.

Setelah dipotong menjadi balok, burl direndam dalam air mendidih untuk menghilangkan getah dan resin yang mungkin tersisa dalam potongan yang dipotong. Akhirnya, balok disimpan dalam tanur besar agar kering selama setahun atau lebih. Semua ini terjadi sebelum blok sederhana pernah memiliki kesempatan untuk menjadi pipa merokok!

Mengapa kayu briar untuk pipa tembakau?

Pertama, kayu itu tahan api secara alami. Briar dapat menahan suhu melebihi 700 derajat Fahrenheit.

Kedua, kayu briar sangat padat, tetapi juga keropos. Kombinasi unik ini memungkinkan kayu menyerap tar dan kelembaban dari pipa tembakau , menghasilkan pengalaman merokok yang sejuk dan kering.

Menentukan briar berkualitas tinggi
Kayu briar berkualitas tinggi untuk pipa tembakau memiliki serat yang rapat dan seragam. Selain itu, polanya akan memiliki kombinasi pusaran dan biji-bijian lurus. Ini menciptakan estetika yang diinginkan dan berat yang diinginkan.

Para kolektor sering kali memiliki pendapat yang kuat mengenai biji-bijian mana yang terbaik, namun ada banyak biji-bijian yang berbeda yang mengindikasikan briar berkualitas tinggi. Serat kayu tumbuh dari titik pusat ke arah luar menuju kulit kayu, menciptakan sejumlah kemungkinan yang rumit.

Beberapa butir yang paling populer menjadi jelas ketika pipa diukir dari burl. Ini yang paling banyak :


  • Biji-bijian dengan pembakaran, dikenal sebagai butir api;
  • Biji-bijian dengan garis-garis yang cukup paralel dan genap disebut butiran lurus;
  • Butir yang dikenal sebagai mata burung adalah sekelompok tanda gelap kecil dan lingkaran yang menyerupai mata burung.

Karena tumbuh di bawah tanah, kayu briar sering kali memiliki kantong udara kecil , kotoran, dan bahkan batu yang bersembunyi di bawah permukaan. Inilah sebabnya mengapa banyak pipa murah dan buatan mesin memiliki isian di dalamnya, lubang-lubang kecil ini hadir setelah ukiran dan harus ditangani. Tidak adanya isian pada pipa biasanya menunjukkan briar berkualitas lebih tinggi.

Mengapa pilih briar dari pada pipa tembakau tanah liat dan meerschaum
Sekarang kita tahu apa itu kayu briar, kita dapat dengan mudah melihat mengapa kayu itu mengambil bahan-bahan lain untuk membuat pipa tembakau. Pipa tanah liat mungkin berasap bersih, tetapi juga asapnya panas dan mudah pecah. Pipa Meerschaum indah dan asapnya dingin, tetapi mahal dan sulit dibuat. Briar memberi dunia cara membuat pipa merokok yang keren, bersih, dan unik dengan jauh lebih mudah daripada sebelumnya.

Posting Komentar

0 Komentar