Kenapa Riview Tembakau Lintingan Dengan Menggunakan Cangklong / Padud / Pipa Tembakau

GegeDbako - Banyak sekali pertanyaan bermunculan kepada GegeDbako dari teman-teman, setelah banyak menonton chanel Youtube GegeDbako, pertanyaannya adalah :

  • Kenapa Riview Tembakau Lintingan Dengan Menggunakan Cangklong / Padud / Pipa Tembakau ?
  • Kenapa tembakau linting dicangklong ?
  • kenapa nyangklong ngak pakai tembakau linting ?
  • kenapa tembakau cangklong ngak di linting juga ?


Dan masih sangat banyak pertanyaan lainnya, wah saya pribadi senang sekali di tanya seperti itu, sebuah perhatian yang luar biasa dari temen-temen khususnya para pendahulu yang sudah terbiasa baku menggunakan cangklong khusus untuk Nyangklong, madud atau smoking with pipe tobbaco.

Alasannya sih simpel, berikut beberapa alasan kenapa tembakau linting atau apapun jenisnya di riview dengan menggunakan cangklong :

Alasan Pertama, Kebiasaan pake cangklong, dan sudah tebiasa dengan cangklong, jadi bakal tahu enak apa ngak itu tembakau yang di riview, walaupun itu tembakau linting atau shag tobbacoo, sama kaya temen-temen kalau punya barang dah pegangannya mau dikasih bakan bakar apa aja tuh barang, pasti temen-temen bakal lebih tahu dan peka, sehingga perinsip saya dalam ngebako "apapun bakonya, cangklong tungkunya"

Alasan Kedua, cangklong di Indonesia ngak begitu popular di kalangan anak muda, bahkan pada tahun 2018 saat pertama kali buat chanel youtube, hasil pengamatan hanya orang tertentu yang madud atau nyangklong di Indonesia, karena awamnya orang tehandap nyangklong, paling banyak tau cangklong adalah dari teman keteman, penjual ke pelanggan atau grup Facebook. Berbeda dengan di luar negeri sudah banyak chanel youtube yang membahas tentang cangklong dan tembakaunya. Inilah alasan kenapa saya membuat chanel GegeDbako.

Alasan Ketiga, pada awal nyangklong, saya selalu tawari teman-teman sekikar untuk nyangklong, ketika dikasih tembakau linting mereka bilang enak yah, dan mereka bilang simpel dan harga bakonya murah, pas saya berikan tembakau khusus pipa dan mereka bilang wah ini lebih enak, tapi ketika saya kasih tahu harganya, ah mendingan beli rokok atau linting, dan mereka bilang"mahal amat itu bako", enak tapi mahal sama aja boong, berdasarkan pengalaman ini, akhirnya semua tembakau linting saya coba di tes dan riview dengan cangklong wah alhasil , banyak juga tembakau linting yang enak dicangklong, harganya murah, enak di nikmatinya dan efek negatifnya  ngak telalu siginifikan atau tidak menyiksa mulut bahkan hampir sama efeknya dengan tembakau cangklong. Dari sinilah akhirnya orang pada tertarik nyangklong, karena banyak tembakau lokal enak dicangklong, apalagi tembakau linting yang dikasi flavour rasanya sebelas dua belas dengan tembakau cangklong yang harganya bisa 10 kali lipat.

Alasan ke empat, karena terbiasa riview dan nyoba tembakau linting di cangklong akhirnya ketemu juga tuh trik dan tips agar nyangklong tembakau linting ngak bikin lidah cepat kebakar dan tidak cepat merusak cangklong (karena konon bila tembakau potongan linting dipakai ke cangklong, maka cangklong akan lebih panas) menurut hasil testimoni saya tidak semua tembakau linting bikin cepet panas cangklong dan tidak semua tembakau cangklong tidak bikin cepet panas cangklong atau aman terhadap cangklong, sangat tergantung teknik masing-masing cangklongers dalam menikmati bako dengan menggunakan cangklong.

Dan masih banyak alasan lainya, yang memang sih kelihatannya nyeleneh dan ngak umum, tapi ternnyata dengan hasil kenyelenehan di video gegedbako, harga cangklong dalam 1 tahun terakhir dari tahun 2019 ke 2020, melonjak tajam naik hingga 50% karena banyak yang nyari. Hal ini bisa dibuktikan di marketplace, harga pipa tembakau baru melonjak naik dan yang esate atau bekas pun ikut melambung harganya.

Dan inilah pekerjaan rumah bagi para produsen bako Indonesia, sangat masih jarang tembakau cangklong di Indonesia ini di tahun khsusunya 2017-2019, di tahun 2019 mulai muncul beberapa merk lokal memproduksi dan menjual tembakau cangklong, namun yang home industri sudah mula berjatuhan karena kurang peminat.

Kalau menggunakan tembakau cangklong/padud luar / import harganya bisa di atas 100rban per 50gram bakan hingga jutaan.

Dari hasil testimoni dan survey chanel youtube gegedbako baik di komentar dan jumlah tontonan, video cangklong naik drastis viwer dan komennya, bahkan inbox intasgram serta facebook kebanjiran pesan dari pada teman-teman yang ingin pindah kecangklong (pemula) akibat nonton chanel GegeDbako.

Bahkan, banyak yang jadi tergila-gila dengan cangklong sengingga ngeborong banyak pipa dan  banyak tembakau cangklong karena kena virus chanel youtube GegeDbako.

Ternyata berkesperimen dan membagi hasil ekperimen itu indah, bisa bermanfaat untuk yang lainnya.

Alhasilnya juga dari nyeleneh dan tidak umum (nyangklong simpel, ngak terpaku aturan, sesuai enaknya diri sendiri yang nyangklong), membuat beberapa produsen pipa tembakau lokal dan import menguncapkan terima kasih karena sudah membantu meningkatkan penjualan cangklong / padud / pipa tembakau.

Dan para cangklongers pemula yang nonton Video GeGedbako di Youtube, Instagram dan Facabook, yang awalnya mengikuti menggunakan tembakau lintingan atau potongan shag, kini mulai haus mencoba berbagai tembakau cangklong, walau kadang prisip ekonomi tetap di pegang hehe. Karena adventure bako dengan cangklong itu is aduhai dan mempesona.


Semoga Gegedbako bisa terus memberikan riview dan trik tips yang mudah bagi cangklongers atau paduders atau pencinta pipa tembakau di Indonesia... Salam Ngebul dan Bakar lagi.










Posting Komentar

0 Komentar